Pernikahan di 12-12-12 Sepi Karena Bulan Suro

0 comments



Pernikahan di 12-12-12 Sepi Karena Bulan Suro

Pasangan kerap mengincar momen tanggal cantik untuk menjadi hari terindah mengikat janji sehidup semati. Di tahun ini, tanggal cantik tersebut jatuh hari ini 12-12-12.

Namun, respon pasangan yang akan menikah di hari ini cenderung sepi peminatnya di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Meskipun ada, tetapi tidak terlalu ramai.

Menurut ketua Kantor Urusan Agama (KUA) Senen, Taufik Rahman, tanggal cantik tersebut bertepatan pada bulan Muharam atau Suro dalam penanggalan Jawa.

"Bulan Muharam tersebut merupakan suatu hal yang tabu bagi masyarakat Jakarta untuk melangsungkan pernikahan. Meskipun 12-12-12, namun momen itu berada pada bulan Suro jadi tidak dimanfaatkan warga," ujar Taufik di kantornya, Rabu (12/12).

Taufik menambahkan, Suro merupakan bulan keramat untuk suku Jawa. Hal itu yang membuat pasangan calon pengantin enggan melangsungkan pernikahan di bulan keramat itu.

"Di masyarakat hal itu sudah mengakar dan tabu untuk melakukan pernikahan di bulan Suro. Padahal, dalam Islam hal tersebut bukan masalah. Tetapi namanya kepercayaan yah apa boleh buat," katanya.


Topik Sama

0 comments:

Post a Comment

 
Weddingmu.com - Tips Pernikahan © 2011-2016 InnOnet. All Rights Reserved.