Yang Perlu Diketahui Saat Memotret Hari Raya Imlek di Kelenteng

Buat pemula fotografi atau penghobi hunting human interest pasti gak mau ketinggalan momen perayaan imlek tahun ini. Memang akan ada banyak momen menarik yang bisa dijepret, namun sebelum masuk jeprat-jepret di kelenteng, ketahui dulu beberapa tips and trik berikut ini.


1. Lihat kondisi dan situasi

Perhatikan situasi dan kondisi. Biasanya yang berburu foto tak hanya kita saja, melainkan banyak fotografer lainnya. Belum lagi banyaknya pengunjung yang membeludak, harus pintar-pintar membawa diri.

2. Minta izin dulu


Sudah paling pasti adalah meminta izin kepada penanggung jawab di kelenteng. Izin ini bisa disampaikan secara tertulis, atau lisan kepada tuan rumah

Apabila sudah dapat izin, tentunya kita bisa lebih enak untuk memotret momen Imlek. Bagaimanapun juga, kita sebagai tamu harus menghormati sang tuan rumah.

3. Jangan pakai flash

Selanjutnya, usahakan tidak menggunakan lampu flash yang terang karena cahayanya bisa mengganggu saudara-saudara kita yang sedang beribadah di dalam kelenteng. Biasanya pencahayaan di dalam kelenteng sudah cukup untuk membuat foto kita menarik, tidak perlu tambahan pencahayaan lagi.

4. Usahakan candid

Bagi pemburu foto 'human interest' sudah pasti harus bisa hunting foto secara candid. Justru yang paling menarik dari Imlek adalah kalau kita bisa menangkap momen-momen yang tidak bisa terulang 2 kali. Pasti ada kepuasan tersendiri bila traveler berhasil mengabadikan momen ini.

5. Hormati hak umat yang ingin beribadah

Tips paling penting yaitu fotografer harus menghormati hak umat Tionghoa yang ingin beribadah. Jangan menghalangi, berikan jalan. Sebaiknya menjaga jarak juga, agar mereka bisa nyaman dalam beribadah. Bagaimanapun juga, kebebasan kita mengambil foto harus tetap memperhatikan hak umat untuk beribadah.

6. Ketahui aturan main yang berlaku di lokasi

Terakhir, pahami juga aturan yang berlaku di dalam kelenteng tersebut. Biasanya ada beberapa bagian kelenteng yang tidak boleh difoto. Kalau sudah seperti itu aturannya, ya kita patuhi saja.
Labels: Budaya, Seputar Fotografi

Thanks for reading Yang Perlu Diketahui Saat Memotret Hari Raya Imlek di Kelenteng. Please share...!

0 Comment for "Yang Perlu Diketahui Saat Memotret Hari Raya Imlek di Kelenteng"

Back To Top