Tips Fotografi dari Justin Mott

0 comments



Setiap pekerjaan yang dilakukan dengan passion pasti akan membuahkan hasil yang luar biasa. Hal itu juga berlaku saat kita menekuni dunia fotografi. Fotografer profesional asal Amerika Serikat yang kini tinggal di Vietnam, Justin Mott, mengatakan jika ingin menjadi fotografer handal, hal yang paling mendasar adalah kamu harus memiliki passion.

"Passion itu kunci dari fotografi, apapun yang kamu mau foto kalau dengan passion hasilnya akan berbeda," terang Mott, ditemui dalam jumpa pers Photo Face-Off, di Tee Nine, Jakarta. Berikut merupakan tips fotografi dari Justin Mott.


1. Berikan tugas ke diri sendiri
Kasih tugas ke diri sendiri saat weekend, karena latihan akan membuat segalanya sempurna. Contohnya, fotolah sesuatu yang berwarna merah, batasi diri sengan hanya satu bentuk seperti lingkaran atau pilih emosi seperti cinta. Rangkum semua tugas, jadi kamu tidak akan merasa bosan.

2. Pencahayaan adalah kuncinya
Pencahayaan yang menarik membuat gambar jadi menarik. Pertama-tama kamu perlu memahami dan mengenali cahaya yang sangat bagus dalam kehidupan setiap hari, lalu kamu harus belajar bagaimana mengekspos cahaya itu secara kreatif.

3. Memotret secara manual
Kalau kamu memotret dengan pengaturan otomatis atau prioritas bukaan, kamu akan menghambat perkembangan diri sendiri sebagai seorang fotografer. Memotret dengan pengaturan manual dengan kamera apapun yang kamu punya akan membuka kreatifitas baru dalam diri. Tentunya hal itu tidak bisa kamu dapatkan jika kamu lebih memilih pengaturan otomatis dalam kamera.

4. Langgar peraturan
Buang semua aturan klise yang kamu tahu mengenai fotografi. Semua orang adalah fotografer sekarang ini. Jadi jika kamu ingin karya kamu dikenal, buat aturan kamu sendiri dan jangan menjadi seperti orang lain.

5. Rumah adalah tempat yang tak tergantikan
Banyak orang berpikir satu-satunya cara untuk mendapatkan gambar terbaik adalah melakukan perjalanan ke lokasi-lokasi yang eksotis. Itu adalah pemikirian yang keliru. Gambar terbaik tersedia di luar rumah kamu. Luangkan waktu sejam setelah bekerja atau biasanya pada waktu matahari terbenam dan jelajahi lingkungan sekitar kalian. Percayalah, kamu akan belajar hal-hal baru mengenai sekitar dan kamu akan mendapat gambar yang bagus.

6. Jangan malas
Jika kamu melihat sesuatu yang kamu suka, jangan diam saja. Ambil kamera dan potretlah. Berpindah-pindah sedikit, keluarkan sedikit ide tentang apa yang ingin kamu katakan lewat gambar. Temukan angle yang menarik, cari sesuatu yang menarik untuk dipotret. Berdiri dan menunduk. Perspektiflah yang membedakan fotografer amatir dan profesional. Jangan takut untuk berbaring di lantai dan memotret dari lantai. Jika ada orang lewat dan berpikir "Sedang apa sih orang ini?" adalah saat dimana kamu akan memperoleh gambar terbaik.

7. Belajar cara menyampaikan sebuah kisah
Sebuah gambar dapat menceritakan sebuah kisah atau kamu bisa menggunakan serangkaian gambar. Bentuklah seni bercerita di dalam foto.

8. Sabar
Fotografer terbaik adalah fotografer yang sabar. Temukan cahaya dan latar belakang kamu, kemudian duduk dan tunggulah sesuatu yang akan terjadi.

Sumber: thekopasid



Topik Sama

0 comments:

Post a Comment

 
Weddingmu.com - Tips Pernikahan © 2011-2016 InnOnet. All Rights Reserved.