4 Tips Hindari Perdebatan Keluarga Menjelang Pernikahan



Menjelang pernikahan sangat banyak persiapan dan hal-hal detail yang harus menjadi perhatian. Ingin semua berjalan sempurna, konflik menjelang pernikahan kerap kali menimpa pasangan. Rencana penikahan adalah uji coba untuk merencanakan masa depan anda. Tidak dapat dipungkiri, bahwa terkadang terdapat beberapa kesulitan dan permasalahan menjelang pernikahan, misalnya dari pihak keluarga. Sebab pernikahan bukan hanya menyatukan dua insan, tetapi juga dua keluarga. Berikut beberapa tips menghadapi masalah dengan keluarga menjelang pernikahan:

Tegaskan Bahwa Ini Momen Anda
Kembalikan fokus pada pernikahan anda, bila kondisi sudah semakin tidak memungkinkan. Beri pengertian bagi keluarga untuk tidak membela ego masing-masing. Ketika hanya mampu mengakomodir salah satu, sampaikan bahwa hal ini bukan berarti mengabaikan yang lainnya. 

Buat Konsep Sederhana
Bila memungkinkan, mintalah izin untuk menjalankan pernikahan dengan konsep yang sederhana. Dalam hal ini undangan bagi kerabat, jelaskan bahwa pernikahan anda cukup dihadiri keluarga dan sabahat terdekat agar terhindar dari perdebatan dua keluarga. Ingatkan bahwa yang paling utama adalah pernikahan anda sah secara agama dan sah menurut peraturan negara. 

Turun  Tangan Langsung
Tangani sendiri pernikahan anda, karena saat ini sudah banyak konsep pernikahan DIY (do it yourself) yang simple dan sederhana. Cara alternatif ini bisa anda gunakan sehingga dapat menghandle acara sendiri. Lebih baik bila anda terlebih dahulu memberitahukan hal ini sejak awal kepada kedua pihak keluarga, agar tidak ada yang merasa dilangkahi. 

Membagi Job
Bagilah keluarga menjadi tim, sementara anda menjadi konseptornya. Sehingga setiap orang menerima bagiannya masing-masing. Jangan lupa untuk mengingatkan peran dan tanggung jawab masing-masing.
Bila memang harus melibatkan kedua keluarga dan keduanya saling mempertahankan pendapat masing-masing, tidak ada masalah untuk memilih satu yang paling sesuai dengan anda. Agar keluarga dapat memahami maksud anda, gunakanlah bahasa yang baik dan sopan. Akan lebih baik bila kedua calon mempelai sama-sama terlibat penuh dengan perencanaan ini. 
Labels: Tips Trik

Thanks for reading 4 Tips Hindari Perdebatan Keluarga Menjelang Pernikahan. Please share...!

0 Comment for "4 Tips Hindari Perdebatan Keluarga Menjelang Pernikahan"

Back To Top