Beberapa Tradisi Unik Pernikahan Tradisional Di Indonesia

Indonesia sangat kaya akan budaya dan adat istiadat. Tak terkecuali tentang upacara pernikahan tradisional yang masih dijalankan hingga saat ini. Acaranya begitu kental akan tradisi sehingga tidak heran kalau pernikahan menjadi momen cukup sakral.

Sebagai traveler, tentunya selain menjelajah keindahan alam Indonesia, kita juga harus tau dong tentang kekayaan adat negeri tercinta ini. Jadi, kali ini mau share buat travelers semua tentang upacara pernikahan di Indonesia. Simak ya!

Tradisi pernikahan adat Yogyakarta
Kesibukan sudah mulai terasa menjelang pernikahan. Mulai dari acara lamaran disertai dengan pengiriman oleh-oleh dari pengantin pria yang diberi nama Jodang. Isinya berupa rengginang, wajik, jadah, dan sebagainya. Ada juga tradisi Peningsetan atau penyerahan sesuatu dari orang tua pria pada calon mempelai wanita. Setelah selesai, dilanjutkan dengan upacara tarub dengan memasang hiasan janur kuning, Siraman bagi mempelai wanita,Midodareni yang dilaksanakan pukul 18.00 – 24.00 menjelang pernikahan. Konon katanya, mempelai wanita tidak boleh tidur semalam suntuk.

Tradisi pernikahan adat Sunda
Tradisi upacara penikahan adat Sunda kini lebih sederhana. Biasanya meliputi acara pengajian, Siraman, Sungkeman, Nincak Endog (menginjak telur), Meupeuskeun Kendi(memecahkan kendi), Sawer dan Ngaleupskeun Kanjut Kunang (melepaskan pundi-pundi berisi uang). Runtutan prosesi ini memang terkesan rumit, tapi setelah dijalankan satu per satu acaranya jadi begitu meriah. Partisipasi keluarga besar sangat penting hingga pelaksanaan Ijab Qabul. Acara yang lebih menghangatkan dalam adat Sunda adalah Huap Lingklung dan Huap Deudeuh atau kasih sayang. Dalam acara ini, masing-masing orang tua akan menyuapi anak-anak mereka untuk yang terakhir kali sebagai wujud kasih sayang.

Tradisi pernikahan adat Batak

Dalam adat Batak, pernikahan adalah bentuk pengorbanan bagi Parboru atau pengantin wanita karena ia harus berkorban untuk memberi satu nyawa yang masih hidup kepada pihakParanak atau pengantin pria. Karena itulah kenapa pihak pria harus benar-benar menghargai bentuk pengorbanan satu nyawa tersebut. Bentuk persembahan ini biasanya dilakukan dengan menyembelih sapi atau kerbau untuk kemudian disantap dalam bentuk makanan adat dalam Ulaon Unjuk. Acaranya sangat meriah dan semua keluarga saling bantu untuk menyukseskan tradisi pernikahan sang mempelai.

Tradisi pernikahan adat Betawi

Dalam adat pernikahan adat Betawi, prosesinya dimulai dengan keberadaan Mak Comblang, Lamaran, Pingitan, dan Siraman. Ada juga prosesi Potong Cantung atau Mengerik Bulu Kaling dengan memakai uang logam yang diapit kemudian digunting. Mempelai wanita pun melalui proses Malam Pacar dengan menghias kuku tangan dan kaki dengan pacar. Pada hari berikutnya, dilaksanakan akad nikah dimana mempelai wanita memakai baju kurung dengan teratai dan selendang sarung songket. Sedangkan sang mempelai pria akan mengenakan jas Rebet dengan kain sarung plakat, jas, hem, kopiah, serta baju gamis, yaitu jubah Arab saat resepsi dimulai.

Tradisi pernikahan adat Minangkabau

Nilai budaya dan adat begitu kental terasa dalam pernikahan ala Minangkabau. Prosesinya diawali dengan acara Maresek atau proses pra-nikah yang ada di Minangkabau. Pertama-taman, keluarga calon mempelai pria akan datang melamar sang wanita, lalu dibuat kesepakatan bersama. Acara ini juga sering disebut dengan Lamaran. Semua anggota keluarga, terutama dari pihak mempelai wanita ikut terlibat untuk mempersiapkan upacara pernikahan. Saat momen pernikahan, mempelai pria dan wanita akan mengenakan pakaian adat yang sangat menawan dengan warna-warna begitu cantik.

Tradisi pernikahan adat Bali

Upacara pernikahan adat Bali juga cukup berwarna. Hampir semua prosesi dan tahapan pernikahan dilakukan di rumah mempelai pria. Prosesinya dimulai dengan upacara Ngekeb,yaitu mempersiapkan calon mempelai wanita untuk menjadi seorang istri dan ibu. Ia juga harus tinggal di kamar sampai penjemputan. Selanjutnya diteruskan dengan acara Mungkah Lawang (buka pintu) dengan mengetuk pintu kamar pengantin wanita, Upacara Mesegehagung atau upacara selamat datang bagi mempelai wanita di rumah mempelai pria yang diantar dengan tandu. Setelah itu, pernikahan adat Bali dilanjutkan dengan Madengen-dengen yang bertujuan untuk mensucikan kedua pegantin. Penyempurnaan pernikahan adat Bali dinamai dengan Mewidhi Widana yang dipimpim oleh Ida Peranda atau Sulingguh.

Labels: Budaya

Thanks for reading Beberapa Tradisi Unik Pernikahan Tradisional Di Indonesia. Please share...!

0 Comment for "Beberapa Tradisi Unik Pernikahan Tradisional Di Indonesia"

Back To Top