Rahasia Pernikahan Tetap Harmonis Meski Sudah Bertahun-tahun

0 comments




Semua pasangan tentu ingin memiliki pernikahan yang harmonis. Namun beberapa pasangan ternyata ada yang pada akhirnya memilih cerai walau sudah menikah hingga bertahun-tahun. Jika Anda merupakan pengantin baru yang ingin memiliki pernikahan harmonis hingga tua nanti berikut rahasianya.

1. Sering Luangkan Waktu Berdua
Psikolog Pingkan C. B. Rumondor, S. Psi, M. Psi, menyarankan agar Anda sering meluangkan waktu berdua bersama suami. Cari aktivitas yang bisa membangun keintiman dengan pasangan hidup saat ini.

"Yang paling penting usahain buat hal-hal kecil bersama misalnya date berdua. Banyakin aktivitas romantis yang akan mengenal lebih dalam dengan suami," tutur Pingkan kepada Wolipop beberapa waktu lalu.

2. Puji Pasangan
Tidak butuh waktu sampai berjam-jam hanya untuk melontarkan sebuah pujian pada pasangan. Anda bisa mengatakan 'kamu hebat' pada pasangan, misalnya saat dia dipuji oleh atasannya atau ketika dia membantu membereskan rumah bersama Anda saat akhir pekan. Pujian tersebut membuat pasangan merasa dihargai. Kunci hubungan yang langgeng dan harmonis adalah saling menghargai.

Menurut John Gottman, Ph.D, seorang pakar pernikahan dan penulis The Seven Principles of Making Marriage Work, pasangan yang secara rutin saling memuji lebih bahagia karena pujian itu membuat mereka merasa dicintai.

3. Bicarakan Harapan Masing-masing
Pingkan juga menyarankan agar membicarakan harapan masing-masing. Jangan sampai harapan itu tidak tersampaikan yang bisa menjadi bumerang ke depannya. Coba jujur dan terus bersikap terbuka supaya Anda maupun suami mengerti keinginan satu sama lain untuk meningkatkan keharmonisan hubungan yang sudah bertahun-tahun.

4. Tidak Selalu Mengkritik
Permasalahan bisa menjadi pertengkaran besar karena salah satu pihak tidak bisa mengontrol ucapannya. Terkadang terlalu banyak mengkritik bisa membuat pasangan sedih atau sakit hati. Hindari langsung mengatakan semua yang ada di pikiran Anda ketika tidak menyukai sesuatu dari suami. Pertimbangkan dulu sebelum melontarkannya apakah memang hal itu layak dikatakan pada pasangan atau tidak.

5. Tunjukkan Rasa Cinta Secara Sederhana
Tunjukkan rasa cinta dan penghargaan Anda pada pasangan dengan memberikan kejutan sederhana. Misalnya saja, Anda membuatkan suami bekal makan siang sebelum berangkat ke kantor. Memijat pasangan saat dia baru pulang kerja juga bisa membuatnya senang.


Topik Sama

0 comments:

Post a Comment

 
Weddingmu.com - Tips Pernikahan © 2011-2016 InnOnet. All Rights Reserved.