Mau Tahu Enaknya Menikah?

Mau Tahu Enaknya Menikah

Penelitian menemukan fakta, menikah membantu orang menjaga kesehatan jantungnya.

Penelitian melibatkan 3,5 juta orang, yaitu memeriksa kuesioner kesehatan dari rekam medis maupun hasil pengecekan tubuh(scan) dari sejumlah pasien per 2003-2008. Rata-rata usia mereka adalah 64, hampir dua pertiganya perempuan dan 80% adalah kulit putih.

Mereka memberi informasi tentang kebiasaan merokok, diabetes, riwayat penyakit keluarga, obesitas, olahraga dan faktor lainnya.

Hasilnya, pada mereka pasangan yang menikah, risiko gangguan kesehatan jantung berkurang sebesar 5%, risiko terkena penyakit arteri perifer yaitu yang mempengaruhi suplai darah ke kaki yaitu lebih rendah 19%, mereka juga memilki risiko lebih rendah 19% terkena penyakit serebrovaskular, yaitu gangguan aliran darah ke otak yang sebabkan stroke.

Tidak hanya itu, mereka pasangan yang menikah memiliki kemungkinan 9% lebih kecil terkena eneurisma aorta perut, yaitu menyebabkan pembuluh dara utama tubuh pecah. Manfaat yang lebih besar yaitu pada istri usianya bawah 50, memiliki risiko 12% lebih rendah.

"Ini mungkin bahwa jika seseorang menikah, mereka memiliki pasangan yang mendorong mereka untuk merawat kesehatan lebih baik ketimbang ketika mereka sendiri," kata Jeffrey Berger, ahli jantung di NYU Langone Medical Center di New York yang memipin penelitian.

"Jika salah satu pasien saya baru saja menjanda atau bercerai, aku semakin waspada tentang memeriksa tanda-tanda dari setiap jenis penyakit jantung dan depresi ," sambungnya seperti melansir dailymail, Minggu (31/3/2014).

Dokter Carlos Alviar, ahli jantung dan juga yang memimpin penelitian mengatakan, ini adalah penelitian terbesar yang pernah ada untuk mengkaitkan pernikahan dan kesehatan jantung.

"Hubungan antara pernikahan dan kemungkinan lebih rendah dari penyakit pembuluh darah lebih kuat antara subyek yang lebih muda, yang kita tidak mengantisipasinya," katanya .

Temuan muncul menjelang presentasi pada pertemuan komite pencegahan penyakit jantung American College of Cardiology di Washington.
Labels: Lifestyle

Thanks for reading Mau Tahu Enaknya Menikah?. Please share...!

0 Comment for "Mau Tahu Enaknya Menikah?"

Back To Top