Dampak Buruk Banyak Anak Buat Perempuan


Apakah hanya dengan dua anak benar-benar baik untuk keluarga? Nyatanya memiliki empat anak atau lebih bisa berakibat buruk bagi kesehatan jantung ibu.

Penumpukan plak adalah tanda awal gangguan kesehatan jantung. Ini lebih umum terjadi pada wanita yang telah melahirkan empat anak ketimbang mereka yang memiliki dua atau tiga anak.

Penelitian tidak menyebut mengapa hal itu bisa terjadi dan apakah tingkat stres yang mempengaruhi kondisi ini.

Namun peneliti menyebut, temuan bisa membantu upaya pemeriksaan dan intervensi strategis bagi para ibu yang memiliki beberapa anak dan tidak menyadari tentang risiko jantung lebih tinggi.

"Kehamilan dianggap sebagai kesempatan monumental dalam kehidupan seorang wanita yang dilanjutkan dengan anak kelahiran anak,'' kata peneliti utama Monika Sanghavi, kepala kardiologi di University of Texas Southwestern Medical Center.

"Namun baru-baru ini ada bukti bahwa kehamilan mungkin juga berfungsi sebagai bola kristal, memberikan wawasan tentang risiko kardiovaskuler di masa depan seorang wanita dan bahwa perubahan yang berhubungan dengan kehamilan mungkin memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan wanita,'' katanya seperti melansir heraldsun, Senin (31/3/2014).

Ini adalah penelitian pertama dari jenisnya untuk membuktikan bahwa penumpukan plak di jantung dapat menyebabkan penyumbatan arteri dan akhirnya menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Penelitian melibatkan lebih dari 1600 wanita di Texas dengan usia rata-rata 45. Sebanyak 55% adalah keturunan Afrika Amerika.

Peneliti menemukan, tingkat terendah penumpukan plak atau aterosklerosis terdapat pada wanita yang memiliki dua sampai tiga anak yaitu 11%. Sementera jumlahnya meningkat dua kali lipat pada perempuan yang melahirkan empat kali yaitu sebesar 27%.

Sebaliknya, peneliti juga menemukan jumlah yang lebih tinggi pengerasan arteri yaitu 15% pada wanita yang belum pernah melahirkan atau hanya memiliki satu anak.
Labels: Lifestyle

Thanks for reading Dampak Buruk Banyak Anak Buat Perempuan. Please share...!

0 Comment for "Dampak Buruk Banyak Anak Buat Perempuan"

Back To Top