Lima Tips untuk Pasangan yang Baru Menikah

0 comments




Menikah merupakan perjalanan yang panjang yang berliku. Tak terkecuali bagi mereka yang baru menikah.

Katanya, pada lima tahun pertama pernikahan ujian sesungguhnya terletak di situ. Menyatukan dua kepribadian yang berbeda dalam sebuah kapal pernikahan membutuhkan usaha dan kemauan untuk mencoba.

Berikut lima tips yang bisa dijalankan pasangan yang baru menikah, agar pernikahannya langgeng dan bahagia :

1. Belajar menghadapi konflik

Tips yang paling penting dalam menghadapi pertikaian rumah tangga adalah belajar dan menghargai pentingnya komunikasi. Ketimbang menahan masalah dan membiarkan masalah tumbuh, bicarakan apa yang dirasakan dan selesaikan masalah kecil tiap ia muncul.

Ingat kalau pasangan Anda sangat besar artinya bagi Anda. Terima kalau kehidupan berumah tangga berisi kompromi dan jangan biarkan hal kecil mengganggu. Yang penting juga, belajar menerima dan memaafkan.

2. Bahas keuangan segera

Satu hal yang sering menimbulkan pertikaian adalah isu sensitif seperti uang. Karena itu penting untuk duduk bersama secepat mungkin, bahkan kalau bisa sebelum menikah, dan membahas soal keuangan. Ciptakan peran, peraturan, dan patuhi itu semua.

3. Membagi tugas di rumah

Ide lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko konflik adalah dengan membagi tugas di rumah tangga. Misalnya, istri memasak dan suami mencuci piring. Bagaimana pun pembagian tugasnya, pastikan terbagi dengan adil hingga tak ada yang merasa mendapat tugas lebih berat.

4. Terima kesalahan pasangan

Di awal-awal pernikahan sangat penting rasanya menerima kenyataan ini, tidak ada orang yang sempurna. Itu termasuk pasangan Anda.

Meski pun pernikahan ideal menjadi mimpi semua orang, kenyataannya tak ada orang yang sempurna. Terimalah itu soal pasangan. Bahwa mereka bisa membuat kesalahan. Begitu pula Anda.

Ketimbang berkonsentrasi pada hal-hal yang mengganggu dari pasangan, konsentrasi pada sisi baik mereka. Dan, hormati pasangan apa adanya. Bila ada kesalahan yang sulit diterima, bicarakan secara tenang sehingga bisa ditemukan solusi dari suami dan istri.

5. Luangkan waktu untuk romantisme

Begitu bulan madu berakhir dan hidup kembali ke kebiasaan rutin, pasangan baru kerap merasa tidak ada waktu untuk bermesraan. Ya, semua memang tergantung pada pasangan tersebut.

Waktu untuk berdua harus diadakan. Bersikap kreatif dan rancang kejutan-kejutan kecil yang bisa menyenangkan pasangan. Seperti memasak makan malam istimewa. Atau muncul ke kantor tanpa pemberitahuan untuk mengirimkan kudapan.

Tak perduli betapa sibukanya Anda, pasangan butuh mampu bertahan dari stres kehidupan berumah tangga. Caranya dengan meluangkan waktu untuk satu sama lain dan membuat keadaan yang membuat satu sama lain merasa istimewa.


Topik Sama

0 comments:

Post a Comment

 
Weddingmu.com - Tips Pernikahan © 2011-2016 InnOnet. All Rights Reserved.