Pentingnya Tabungan Pernikahan

Apakah Anda percaya bahwa jodoh bisa datang kapan saja? Ya, Anda harus percaya pada kalimat tersebut. Pasalnya, banyak pasangan yang akhirnya memutuskan menikah sekalipun belum lama kenal.


Tentunya, keputusan tersebut didasari pertimbangan seperti merasa sudah cocok, merasa menemukan jodoh, dan dapat ijin orang tua. Namun, apakah Anda sudah memikirkan perihal biaya pernikahan?

Nah, satu hal inilah yang kemungkinan akan menjadi pengganjal ketika secara tiba-tiba Anda bertemu pasangan idaman dan ingin sekali untuk segera menikah. Seperti diketahui, bahwa biaya untuk menggelar acara pernikahan tidaklah sedikit.

Apalagi, jika Anda dan pasangan menginginkan pesta meriah yang dapat mengundang banyak teman dan saudara. Memang, pernikahan diharapkan sebagai momen sekali seumur hidup, sehingga sah-sah saja jika ingin menggelarnya secara bersar-besaran.

Lalu, bagaimana solusi mengatasi masalah tersebut? Tabungan pernikahan adalah jawabannya. Ya, ketika mendengar istilah tabungan pernikahan, Anda tentu sudah bisa membayangkan tentang alasan dan tujuan dari tabungan yang satu ini. Namun, agar lebih jelas, simaklah uraian berikut.

Pertama, tabungan pernikahan merupakan cara dimana Anda bisa sedikit demi sedikit mengumpulkan uang. Sekalipun, Anda belum memiliki pasangan atau belum bertemu jodoh, mulailah menabung sedini mungkin. Hal ini merupakan bentuk antisipasi jika suatu saat Anda mendadak bertemu belahan jiwa Anda. Dengan begitu, Anda sudah punya cukup modal untuk membiayai pernikahan Anda sendiri.

Kedua, tabungan pernikahan jelas akan meringankan beban orang tua. Pasalnya, budaya Indonesia memang menjadikan acara dan biaya pernikahan sebagai tanggungan orang tua. Hal tersebut dinilai sebagai sebuah perwujudan kasih sayang orang tua sebelum akhirnya melepas si anak. Namun, apakah Anda masih ingin merepotkan orang tua setelah sekian tahun menjadi beban mereka? Ya, ingatlah bahwa orang tua sudah merawat dan membesarkan Anda sejak bayi hingga dewasa. Tentunya, sudah banyak sekali biaya yang dikeluarkan. Jadi, akan lebih baik jika Anda dapat membantu meringankan bebean mereka dengan memiliki tabungan pernikahan.

Ketiga, tabungan pernikahan akan menghindarkan Anda dan keluarga dari kemungkinan berhutang. Sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya pernikahan yang besar seringkali diatasi dengan cara berhutang. Hal ini dilakukan ketika anak atau orang tua sama-sama tidak punya cukup biaya untuk menggelar acara pernikahan.

Terlebih, sumbangan atau amplop dari para tamulah yang kemudian digadang-gadang bisa menutup hutang atas biaya pernikahan tersebut. Sayangnya, hal ini sangatlah riskan dan bisa berdampak buruk setelah acara pernikahan berhasil digelar. Bahkan, dengan berhutang, ada kemungkinan bahwa Anda akan bermewah-mewah dalam menggelar pesta pernikahan.

Jadi, mulailah merencanakan dan memulai tabungan pernikahan Anda sedini mungkin. Tentukan besarnya tabungan, waktu menabung, dan target tabungan. Usahakan untuk selalu membuat daftar kebutuhan dan skala prioritas guna mengatur keuangan anda. (bil/jun)

Sumber: http://perempuan.com/read/pentingnya-tabungan-pernikahan#sthash.4uUpGpqg.dpuf
Labels: Tips Trik

Thanks for reading Pentingnya Tabungan Pernikahan. Please share...!

0 Comment for "Pentingnya Tabungan Pernikahan"

Back To Top