Kiat Jangan Sampai Perceraian Terjadi

Di masa ini, angka tentang perceraian dalam rumah tangga menunjukkan peningkatan dibandingkan pada zaman-zaman sebelumnya. Perceraian disebabkan karena berbagai masalah keluarga misalnya pasangan memang belum siap untuk membina rumah tangga karena landasan yang masih belum matang, waktu perkenalan yang sempit, ego yang tinggi, kekerasan dalam rumah tangga, permasalahan anak, permasalahan ekonomi, hingga ketidakcocokan dengan mertua. Rumah tangga yang tidak terbina dengan baik dari awal memang rawan oleh konflik dan perceraian. Untuk menghindari akibat perceraian, berikut beberapa hal penting untuk hindari perceraian.

 

Perceraian dapat dihindari mulai dari sebelum pernikahan, yakni dengan masa perkenalan yang cukup sehingga Anda dapat mengenal pasangan dengan lebih baik. Hindari perceraian akibat konflik internal yang tak kunjung selesai dapat dicegah dengan duduk bersama dan berkomunikasi. Komunikasi suami istri harus dilakukan dengan kesadaran dan niat kuat untuk hindari perceraian dan memperbaiki pernikahan. Komunikasi yang dilakukan harus dapat mengesampingkan ego guna mencari jalan keluar untuk masalah rumah tangga.

Mungkin melalui komunikasi, diperoleh jalan keluar untuk masalah rumah tangga saat ini adalah menyediakan waktu untuk masing-masing pihak melakukan introspeksi diri. Hal ini adalah langkah awal yang baik untuk hindari perceraian. Melalui masa introspeksi diri, masing-masing pihak dapat lebih tenang dan berpikir lebih objektif. Instrospeksi diri merupakan masa penyadaran untuk kembali mengutamakan kepentingan rumah tangga yang terbina mengingat Anda telah membuat janji komitmen dari awal pernikahan. Dengan introspeksi diri, Anda akan dapat menyadari bahwa tidak ada pasangan yang sempurna bahkan diri Anda sendiri, hanya sikap saling menerima dan memberi dengan tulus yang dapat membuat kebahagiaan dalam rumah tangga. Anda tidak bisa merubah pasangan menjadi seperti yang Anda inginkan, namun Anda bisa mengubah respon diri Anda menghadapi setiap sikap dan perlakuannya.

Langkah-langkah untuk hindari perceraian harus dilakukan sejak dini semenjak Anda menyadari bahwa rumah tangga Anda sedang dalam masalah. Jangan membiarkan masalah berlarut-larut karena dapat menyebabkan masalah rumah tangga Anda mendapat campur tangan berbagai pihak dan menjadi lebih kompleks. Carilah jalan keluar untuk masalah rumah tangga Anda sesegera mungkin. Jika jalan keluar untuk masalah rumah tangga telah ditemukan, Anda berdua harus memiliki komitmen untuk menjalaninya.
Labels: Tips Trik

Thanks for reading Kiat Jangan Sampai Perceraian Terjadi. Please share...!

0 Comment for "Kiat Jangan Sampai Perceraian Terjadi"

Back To Top