Untuk Mencapai Keluarga Ideal, Diperlukan Persiapan Pra Nikah

0 comments



Tujuan hidup seseorang pastinya menikah dengan orang yang dikasihinya. Tetapi sebelum menikah, penting dilakukan untuk melakukan perencanaan pernikahan. Pasalnya, dengan perencanaan tersebut tentunya akan dapat membentuk keluarga ideal.

Keluarga Ideal, Diperlukan Persiapan Pra Nikah 

Demikian dikatakan Kasubid Pelayanan KB dan Perlindungan Hak hak Reproduksi, Tegoeh Tri Adijanto dalam acara talkshow family planning yang diadakan Tim Kampanye PR Mahasiswa D3 Komunikasi Undip, di balai kelurahan Panggung Lor. "Keluarga ideal merupakan keluarga yang mampu menjalankan peran sesuai dengan fungsinya. Terlebih penduduk remaja lebih dominan sekitar 27-30%, sehingga edukasi mengenai perencanaan pernikahan sangat penting dilakukan bagi remaja," katanya.

Untuk mencapai keluarga ideal, lanjut Tegoeh, ada delapan fungsi yang harus dipahami oleh tiap pasangan yang akan menikah. Diantaranya, fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, dan fungsi ekonomi. "Keluarga ideal harus melalui ketahanan keluarga. Sehingga sebelum menikah penting melakukan perencanaan baik dari segi mental maupun kesehatan. Dengan family planning ini pun diharapkan dapat menekan angka perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)," lanjutnya.

Pembicara lain, Kepala Puskesmas Bandarharjo Tri Susilo Hadi menuturkan, dalam menciptakan keluarga sehat tentunya harus menerapkan gaya hidup sehat. Seperti, menikah diatas usia 17 tahun, mengikuti pemeriksaan dan imunisasi sebelum menikah. "Tiap pasangan harus memahami dulu arti dan maksud tujuannya menikah. Dalam hal kesehatan, tentunya kesehatan lingkungan dan reproduksi harus diperhatikan. Hidup harus direncanakan, begitu juga dengan membentuk keluarga dengan gaya hidup sehat," tuturnya.

Sementara itu, Camat Semarang Utara Djaka Sukawijana mengaku, kegiatan talkshow ini sangat baik ditujukan bagi para remaja dalam hal ini anggota karang taruna yang belum menikah. Karena bagi remaja yang akan menikah diharapkan sudah memiliki perencanaan. "Baik itu perencanaan dari segi ekonomi, perencanaan ini penting dilakukan. Karena nanti dampaknya akan meluas. Seperti halnya kita membahas masalah kemiskinan, dimana itu merupakan awalnya dari keluarga. Sehingga pernikahan yang ideal pun dapat terwujud," ungkapnya.

Terpisah, Humas Kampanye PR Family Planning Danang Kurniawan berharap dengan adanya talkshow ini dapat menekan laju penduduk. "Setidaknya remaja diedukasi untuk tidak nikah di usia muda, selain harus memiliki perencanaan yang matang juga membantu program pemerintah dalam menekan laju penduduk. dan terimakasih kepada pihak yang telah membantu," harapnya.



Topik Sama

0 comments:

Post a Comment

 
Weddingmu.com - Tips Pernikahan © 2011-2016 InnOnet. All Rights Reserved.