Waktu yang Tepat Siapkan Dana Menikah: Saat Masih Jomblo


Setiap orang memiliki impian pernikahan masing-masing. Beberapa dari mereka mengharapkan pesta pernikahan digelar secara besar-besaran demi tampil maksimal di hadapan banyak orang. Acara besar tentu memakan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, saat Anda memiliki impian pesta pernikahan sendiri, cobalah menyiapkan dana sejak dini.


Perencana Keuangan Indonesia, Lisa Soemarto, mengatakan bahwa menyiapkan dana menikah sebaiknya dilakukan sejak masih lajang atau jomblo. "Sebaiknya dari masa single sudah menyiapkannya. Jadi entah nikahnya kapan dan sama siapa nggak berpengaruh lagi karena dana pernikahan sebenarnya nggak ditentukan oleh dan dengan siapa kita akan nikah," tutur Lisa saat berbincang dengan Wolipop di Pacific Place, kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (6/10/2013).

Senior Partner dan Advisor di Akbar's Financial Check-up itu juga menuturkan, walaupun orangtua memiliki kewajiban membiayai pernikahan anaknya, tidak ada salahnya Anda tetap mengumpulkan dana pernikahan sejak dini. Di era modern saat ini, pesta pernikahan bukan hanya sebagai 'acara' orangtua tapi juga impian kedua belah pihak. Bila terjadi kelebihan biaya yang tidak dapat diatasi orangtua, dana Anda bisa dipakai untuk mengatasi hal tersebut sehingga tidak berhutang.

Dana menikah sebaiknya mulai disisihkan saat baru bekerja atau telah memiliki penghasilan sendiri. Mulailah menyimpan dana dalam bentuk investasi. Semua tergantung kapan Anda mau menikah karena jangka waktu menentukan produk investasinya. Menyimpan dana sejak dini akan memudahkan Anda ke depannya.

Lisa menambahkan, mempersiapkan dana pernikahan tidak bisa dilakukan terburu-buru bila tak mau berakhir dengan hutang atau mengganggu keuangan lainnya. Minimum itu satu tahun sebelum menikah karena biaya tersebut juga memperhitungkan perlengkapan serta rincian pesta nikah.

"Buat persiapannya saja kan nggak bisa sebulan dua bulan, bisa enam bulanan, gimana mau mempersiapkan dana kalau misalnya perencanaannya sendiri enam bulan. Enam bulan berarti sudah harus DP gedung, catering, jadi sudah perlu biaya kan, minimum satu tahunlah sebelum menikah," saran salah satu pemilik kafe Steakology itu.
Labels: Tips Trik

Thanks for reading Waktu yang Tepat Siapkan Dana Menikah: Saat Masih Jomblo. Please share...!

0 Comment for "Waktu yang Tepat Siapkan Dana Menikah: Saat Masih Jomblo"

Back To Top