Mengapa Banyak Pengantin Wanita Menggunakan Gaun Putih? Ini Jawabannya


Pernahkah terlintas di benak Anda mempertanyakan mengapa kebanyakan pengantin wanita di seluruh dunia mengenakan gaun berwarna putih saat pesta pernikahan?
Gaun pengantin sebagian besar yang dikenakan saat resepsi adalah berwarna putih, dan hanya beberapa pengantin wanita yang menggenakan gaun dengan warna berbeda.
Secara resmi gaun warna putih telah dianggap sebagai model fashion pakaian yang terbaik di antara warna lainnya saat melangsungkan pernikahan.
Tahukah Anda penggunaan gaun warna putih pada resepsi pernikahan berawal sejak kurang dari 200 tahun yang lalu. Tepatnya, 176 tahun yang lalu.
Sebelumnya, gaun warna merah sangat populer dikenakan pada pesta pernikahan.
Mungkin alasan tersebut berkaitan dengan puisi yang mengatakan 'roses are red' artinya mawar berwarna merah yang memiliki konotasi romansa romantis.
Sedangkan gaun berwarna putih dipakai hanya sesekali, karena warna putih diasosiasikan sebagai warna yang digunakan untuk suasana berkabung, sehingga tidak menjadi pilihan pakaian yang dikenakan saat pernikahan.
Bahkan, ketika Mary Queen dari Skotlandia yang memilih gaun berwana putih dianggap sangat tidak pantas dipakai saat pernikahan dan menimbulkan bencana.
Beberapa tahun kemudian setelah menikah, suaminya meninggal dunia. Ia disalahkan karena telah memakai warna berkabung saat resepsi pernikahannya.
Sampai akhirnya Ratu Victoria, Inggris membuat gebrakan gaya tren terbaru di dunia fashion. Ia menjadikan gaun putih menjadi warna andalan yang tepat digunakan saat pesta pernikahan.
Tepatnya pada tanggal 10 Februari 1840 silam, Ratu Victoria mengenakan gaun putih berenda dilengkapi dengan karangan bunga pada resepsi pernekahannya. Walaupun banyak anggota keluarga yang mempertanyakan pemilihan warna tersebut.
Ternyata gaun tersebut menjadi hits hingga ke seluruh dunia. Dengan segera banyak perempuan di manapun yang terinspirasi uantuk mengenakan gaun serupa yang dikenakan oleh Victoria pada resepsi pernikahan.
Hanya selang beberapa tahun kemudian, majalah wanita terkenal Godey Lady Book menyatakan bahwa para wanita telah memutuskan dari awal bahwa warna putih adalah warna yang paling pas, dipadukan dengan material apapun.
Putih melambangkan kemurniaan, kesucian, kepolosan seorang gadis, dan hati yang tak ternoda. Sehingga warna putih sangat cocok digunakan saat hari pernikahan.
Maka sejak saat itulah dimana warna putih selalu identik sebagai pilihan yang digunakan pada pesta pernikahan, karena melambangkan kemurnian dan kesucian.
Labels: Budaya, Lifestyle

Thanks for reading Mengapa Banyak Pengantin Wanita Menggunakan Gaun Putih? Ini Jawabannya. Please share...!

0 Comment for "Mengapa Banyak Pengantin Wanita Menggunakan Gaun Putih? Ini Jawabannya"

Back To Top