Empat Tips Mengurangi Dana Pernikahan, Supaya Keuanganmu Sehat

0 comments




Semua orang pasti paham dan setuju, kalau pernikahan itu idealnya terjadi sekali seumur hidup. Karena inilah, banyak orang merasa pesta pernikahan harus semewah dan seistimewa mungkin. Tapi, menurut India Times, pesta yang mewah dan melebihi batas kemampuan akan membuat hidupmu repot di masa depan.

Sementara itu, sebagian pasangan lain ingin mengadakan sebuah pesta pernikahan sederhana. Tapi, yang namanya pesta pernikahan tetap saja membutuhkan puluhan juta rupiah. Nah, karena itu, penting buat kamu untuk mengatur uang dan perencanaan keuangan agar biaya pernikahanmu tak membengkak.

Pilih hari yang tepat. Banyak orang yang memilih hari libur saat mengadakan pesta pernikahan. Benar memang, hari libur adalah waktu yang baik karena semua tamu undangan kemungkinan besar bisa meluangkan waktunya untuk hadir di pestamu. Tapi, biaya sewa gedung dan lainnya pasti akan lebih mahal ketimbang hari kerja. Karena itu, lebih baik kamu pilih hari kerja pada malam hari untuk mengadakan pesta.

Tak masalah tanpa pesta. Kalau kamu merasa pesta pernikahan terlalu mahal, tidak masalah kalau pernikahanmu dilangsungkan tanpa pesta. Orangtua kedua belah pihak dan kerabat boleh datang. Kamu bisa merayakan pernikahanmu dengan sederhana dan hikmat. Kalau memang ingin merayakannya bersama teman-teman, kamu bisa menggelar acara makan malam bersama di restoran atau rumah.

Fotografer. Fotografer profesional memang pasti akan menghasilkan gambar yang luar biasa indah. Tapi, biayanya juga akan sangat mahal. Karena itu, lebih baik kamu meminta tolong kepada teman atau keluarga yang jago motret. Dengan begitu, pengeluaranmu tak bakal jadi membengkak.

Undangan digital. Kamu tahu kan, undangan pernikahan bentuk fisik dihitung per undangan. Meski banyak percetakan yang menawarkan paket, tapi tetap saja 'jatuhnya' mahal. Soalnya jumlah orang yang kamu undang juga banyak. Nah, dari pada membuang uang buat undangan, lebih baik gunakan kreativitasmu untuk membuat undangan elektrik. Kamu bisa bikin video dan menyebarkannya lewat media sosial.


Topik Sama

0 comments:

Post a Comment

 
Weddingmu.com - Tips Pernikahan © 2011-2016 InnOnet. All Rights Reserved.