Ritual Pemasangan Hena dalam Pernikahan Tradisional di Indonesia


Hena yang berasal dari bahasa Arab yaitu Hinna memiliki arti dedaunan yang dapat meninggalkan warna merah di kulit . Orang Indonesia biasa menyebutnya dengan istilah Innai.

Budaya mewarnai jemari pengantin dengan hena, ternyata tak hanya ada di India. Dalam balutan baju pengantin, seringkali kita jumpai hena turut mempercantik tampilan sang mempelai wanita.

Masyarakat Indonesia juga memiliki adat yang melibatkan penggunaan hena pada upacara pernikahannya.

1. Malam Bainai
Dalam bahasa Minangkabau, istilah Bainai berarti melekatkan tumbukan halus daun pacar merah dan dipulaskan ke kuku-kuku jari calon pengantin wanita.

Tumbukan halus daun inai didiamkan semalam dan akan meninggalkan warna merah yang cemerlang pada kuku.

Dalam adat Minang, mengawinkan seorang anak gadis untuk pertama kalinya dianggap begitu sakral. Semua keluarga dan tetangga ingin menunjukkan partisipasi dan rasa perhatian pada keluarga yang sedang mengadakan acara adat.

Acara malam bainai dilangsungkan malam hari di mana semua tetangga dan kerabat berkumpul untuk saling bersilaturahmi sebelum menggelar pesta pernikahan keesokan harinya.

2. Mapacci
Daun pacar atau yang dikenal sebagai daun pacci dalam adat Bugis-Makassar dinamakan dengan Pacci yang terkait dengan Paccing yang dalam bahasa Bugis disebut suci.

Dengan demikian, pelaksanaan upacara mapacci menggambarkan upacara pernikahan yang suci.

Acara Mapacci sendiri dilaksanakan saat acara Tudang Mpenni, menjelang pelaksanaan akad nikah di keesokan harinya. Setelah acara mapacci, calon mempelai diharapkan memiliki kesucian hati untuk memasuki bahtera rumah tangga di keesokan harinya. Warna pacci yang merah dan sulit hilang juga muncul sebagai simbol pernikahan yang kekal dan langgeng.

Acara mapacci dipenuhi dengan doa yang khidmad dan restu dari para kerabat yang hadir. Selain itu juga perlu dihadiri oleh 9 pasang sesepuh yang berasal dari keluarga ayah dan ibu mempelai.

3. Berinai Curi
Acara berinai yang dilangsungkan oleh masyarakat Riau cukup unik karena di malam calon pengantin menjalankan upacara ini, peralatan berinai yang telah dipersiapkan di rumah calon pengantin wanita secara diam-diam akan dibawa ke rumah calon pengantin laki-laki untuk berinai.

Cara membawa inai dengan diam-diam inilah yang menjadikan malam berinai di Riau ditambah dengan kata Curi.

Upacara adat pernikahan tersebut dilakukan tiga hari menjelang pernikahan, malam berinai harus diawali oleh Mak Andam atau perias pengantin wanita untuk mempersiapkan peralatan berinai.

Upacara berinai sendiri mengandung maksud untuk menolaj bala sebelum pernikahan terjadi. Tak hanya di jemari dan di kuku, inai juga dipakaikan di telapak tangan sebagai tanda penjaga diri dan dipakaikan juga di telapak kaki agar tak berjalan jauh sebelum upacara pernikahan dimulai. tribunnews
Labels: Budaya

Thanks for reading Ritual Pemasangan Hena dalam Pernikahan Tradisional di Indonesia. Please share...!

0 Comment for "Ritual Pemasangan Hena dalam Pernikahan Tradisional di Indonesia"

Back To Top