5 Hal yang perlu diperhatikan saat mengatur budget pernikahan

0 comments




Ketika akan merencanakan pernikahan, menyusun budget adalah hal yang harus dilakukan sesegera mungkin. Kalkulasi apa saja yang perlu dibayar, sistem pembayaran, hingga pembagian pihak yang akan membayar dengan jelas dan tepat. Karena masalah keuangan di pesta pernikahan adalah permasalahan yang krusial dan sensitif.
Berikut ini poin-poin yang perlu kamu perhatikan dan cermati sebelum menyusun anggaran pesta pernikahan.
1. Sebelum Hari Pernikahan
Jangan lupa bahwa ketika mengatur anggaran, bukan keperluan pesta pernikahan saja yang harus dipikirkan. Banyak hal-hal yang harus jadi pertimbangan seperti uang yang sudah terpakai untuk membeli cincin pertunangan misalnya. Atau jika kamu dan teman ingin mengadakan pesta melepas lajang, walaupun semua biaya ditanggung oleh para sahabat kamu, selalu ada kemungkinan kamu perlu untuk ikut patungan membayar minuman atau transportasi pulang.
2. Periksa Rundown Acara
Periksa rundown di hari pernikahan untuk melihat kebutuhan kecil yang kemungkinan muncul namun tak pernah terpikirkan sebelumnya. Misalnya biaya transportasi keluarga untuk berpindah-pindah dari tempat upacara pernikahan ke lokasi resepsi, hingga transportasi makeup artis. Atau jika seusai pernikahan kamu perlu untuk langsung ke bandara dan melanjutkan bulan madu.
3. Ketika Resepsi
Jangan lupa untuk menyusun biaya resepsi apa saja yang akan dihabiskan. Tetapkan skala prioritas, dari mulai gedung, dekorasi, katering, undangan, hingga souvenir pernikahan. Semuanya harus tak luput dari pencatatan. Termasuk biaya hiburan seperti sewa penampilan band, string atau DJ yang akan memeriahkan acara.
4. Perhatikan Detail
Perhatikan detail yang akan dihabiskan untuk mendandani diri kamu sendiri, pasangan, bridesmaid, hingga anggota keluarga. Untuk pengantin sendiri tak hanya baju pengantin, kamu membutuhkan makeup artist, aksesori rambut, sepatu hingga hal-hal kecil seperti bros untuk menyempurnakan penampilan.
Sesuaikan dengan pasangan kamu, hal detail pada penampilan terkadang dilewatkan dari pencatatan budget.
5. Setelah Resepsi
Selain hal lain sebelum resepsi dan ketika resepsi, tentunya ada kebutuhan setelah resepsi yang juga tak kalah memakan budget, yaitu bulan madu. Perhitungkan dengan jelas biaya penginapan, travel, berbagai tiket yang diperlukan, airport tax hingga biaya transportasi dan kebutuhan belanja yang akan dibutuhkan ketika sedang melakukan perjalanan bulan madu.
Buat yang jelas, karena kamu ingin menikmati bulan madu kamu, bukannya uring-uringan karena memaksakan budget.



Topik Sama

0 comments:

Post a Comment

 
Weddingmu.com - Tips Pernikahan © 2011-2016 InnOnet. All Rights Reserved.