Tips Sederhana Dokumentasikan Pertandingan Olahraga

0 comments



Mungkin seringkali kita berkesempatan untuk menghadiri berbagai even olah raga didaerah sekitar, namun kadangkala kita ragu-ragu untuk mengabadikannya. Hal ini bisa dikarenakan oleh banyak hal bisa jadi salah satunya adalah tidak memiliki lensa tele yang memadai untuk jarak jauh sehingga mengurungkan niat kita. Hal itu tidak sepenuhnya benar karena dengan lensa apapun dan dengan focal length berapapun kita bisa saja mendapatkan gambar berkualitas dengan komposisi menarik, yang justru tidak didapati dengan penggunaan lensa super tele. Kitapun juga tidak perlu duduk dibangku VIP atau area depan sendiri untuk mendapatkan gambar yang bagus, karena dimanapun kita duduk disana pasti ada sudut pandang yang bagus untuk menghasilkan gambar menarik. Kuncinya adalah komposisi, jadi sebeum memotret anda boleh berkeliling mencari sudut pandang yang bagus, mencari komposisi yang sempurna, mempertimbangkan arah datangnya cahaya, bayangan-bayangan yang dihasilkan, keriuhan penonton pertandingan, siluet yang dihasilkan dari lampu stadion, dsb. Nah, berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menghasilkan gambar yang berkualitas:


1. Hindari papan iklan
Papan iklan baik itu dalam ukuran besar dan kecil akan mengganggu pandangan. Cobalah untuk sebisa mungkin menghindari papan reklame. Memasukkan penonton dalam frame juga ide yang sangat baik.

2. Berfikir kreatif
Subjek utama tidak selalu atlit yang sedang menendang bola/memukul bola. Bisa saja salah satu bagian dari tubuh mereka, misalkan tangan saja atau kaki saja. Kaki-kaki para pemain bola yang berjajar bisa jadi hal yang menarik, atau mungkin selebrasi setelah menghasilkan gol dari jarak jauh dengan sudut pandang yang lebar juga attraktif. Kondisi tribun penonton yang riuh juga bisa jadi komposisi menarik. Anda juga bisa menggunakan shutter speed lambat untuk memperbanyak cahaya masuk dan juga efek kreatif merekam gerak.

3. Berkonsentrasilah pada komposisi
Seperti kit bahas diawal kadang kita tidak bisa melakukan zoom in terhadap pemain yang berjarak jauh karena keterbatasan lensa. Jangan hanya berkonsentrasi pada pemain, namun konsentrasilah pada komposisi yang menarik. Komposisi baik itu pola berulang, garis, bentuk, atau sesuatu yang “eye catching” dapat kita jadikan subjek dalam foto.

4. Jangan hanya mengabadikan pertandingan


Pertandingan memang hal yang paling ditunggu-tunggu namun ada banyak hal menarik diluar pertandingan tersebut. Misal histeria para fans sebelum pertandingan, atau kekecewaan dan sukacita para fans ketika tim mereka menang atau kalah.



Topik Sama

0 comments:

Post a Comment

 
Weddingmu.com - Tips Pernikahan © 2011-2016 InnOnet. All Rights Reserved.