Focal Length Terbaik Untuk Fotografi Portrait

0 comments



Dalam fotografi portrait salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam hal pemilihan lensa adalah panjang focal. Focal length yang cocok akan membuat subjek tampak lebih natural serta mampu memberikan efek dramatis pada gambar yang dihasilkan.


Menggunakan focal length 10-25mm
Lensa wide angle bukanlah pilihan yang baik untuk fotografi portrait. memang untuk melakukan fill in frame kita bisa mendekat, namun bentuk asli dari subjek pasti terdistorsi. Lensa wide angle pada dasarnya mampu memperlebar atau memperpanjang jarak. Jika digunakan untuk fotografi landscape memang sangat cocok karena kesan megah akan terekam, sedangkan fotografi portrait bentuk kepala tampak lebar/menyerupai kepala alien yakni besar pada bagian atas dan kecil pada bagian janggut.Selain itu lensa wide angle cenderung meminimalkan bokeh, sehingga area background tampak jelas. Field of fiew/sudut pandang menggunakan lensa wide angle sangat lebar sehingga kemungkinan viewer tidak bisa fokus melihat subjek.

Lensa telephoto pendek dengan kisaran 40-135mm merupakan pilihan yang paling banyak digunakan oleh fotografer portrait. Jarak antara kamera dan subjek tidak terlalu dekat ataupun terlalu jauh sehingga subjek bisa lebih nyaman dipotret dengan lensa ini. Dengan angka bukaan aperture yang sama dengan lensa wide angle, akan lebih banyak bokeh yang dihasilkan sehingga subjek bisa lebih menonjol. Penggunaan lensa tele juga menghasilkan efek background akan lebih dekat dengan subjek, dan sebaliknya penggunaan lensa wide angle akan memberikan efek background lebih jauh dari subjek.

Lensa tele panjang(135-200mm) juga bisa digunakan bila sesuatu memungkinkan. Kendalanya adalah jarak antara kamera dan subjek akan cukup jauh dan ini bisa menyulitkan komunikasi serta membuat subjek kurang nyaman. Selain itu bokeh yang dihasilkan juga akan lebih banyak/Depth of field yang lebih sempit.

Kesimpulan

Lensa manakah yang anda pilih dari sekian banyak focal length berbeda? hal ini memang sangat tergantung pada situasi dan efek yang ingin dihasilkan. Kebanyakan fotografer menggunakan focal length lensa telefoto pendek untuk menampilkan kesan natural dan cantik dari subjek. Jika kita berada diruang minim cahaya biasanya penggunaan lensa prime pada focal length kisaran 35-50mm sangat baik karena lensa prime biasanya memiliki bukaan aperture lebar dan juga memiliki kecepatan auto fokus yang lebih baik.



Topik Sama

0 comments:

Post a Comment

 
Weddingmu.com - Tips Pernikahan © 2011-2016 InnOnet. All Rights Reserved.