Pasangan Menikah Membayangkan Perceraian, Apa Artinya?


Wajar saja jika pasangan menikah berfantasi sek-sual namun apakah normal jika pasangan menikah berfantasi tentang perceraian?

Mengapa pasangan menikah bisa sampai membayangkan terjadinya sebuah
perceraian?

Konsultan perceraian, Karen Finn, mengatakan sebagian pasangan menikah bahkan dirinya pernah membayangkan perceraian. Hal ini bisa dikatakan wajar namun bisa juga mulai mengkhawatirkan, tergantung seberapa sering fantasi ini terjadi dalam pikiran seseorang.

Meski begitu, menurut Finn, saat pasangan menikah (salah satu atau keduanya) membayangkan perceraian, fokuskanlah perhatian pada apa pemicu yang membuat pikiran seperti ini kerap muncul. Kalau pemicunya diketahui, pasangan bisa mencari solusi bersama untuk membuat pernikahan menjadi lebih baik lagi.

Finn mengatakan fantasi perceraian kerap muncul dalam diri seseorang karena merasa ada yang tidak beres dengan hubungannya bersama pasangan, atau bisa jadi karena merasa kehidupan pernikahan orang lain lebih baik dibandingkan dirinya. Perceraian lantas dianggap sebagai cara menyelesaikan masalah. Karena itulah seseorang kemudian membayangkan bagaimana rasanya jika bercerai dari pasangannya.

Lantaran pemicu fantasi perceraian bisa beragam, bisa berupa masalah komunikasi yang selalu saja terjadi dengan pasangan atau masalah lainnya yang dianggap tak ada lagi pemecahannya, ada baiknya Anda mengenali apa arti fantasi perceraian bagi pernikahan Anda.

Finn merumuskan beberapa pertanyaan panduan untuk mengenali arti fantasi perceraian. Meski tak ada yang melarang Anda membayangkan perceraian namun sebelum membuat keputusan apa pun sebaiknya ajukan beberapa pertanyaan ini dan konsultasikan dengan ahli. Jangan membuat keputusan atas dasar penilaian pribadi yang belum tentu tepat apalagi jika hanya didorong oleh emosi sesaat.

* Mengapa Anda membayangkan perceraian? Apakah Anda berpikir bercerai karena merasa tertarik secara seksual dengan orang lain? Apakah Anda berpikir untuk bercerai karena pasangan tidak paham caranya berkomunikasi? Apakah Anda membayangkan perceraian karena menyerah dengan pernikahan Anda? Kenali dengan baik mengapa fantasi perceraian bisa muncul di pikiran Anda.

* Apakah bayangan Anda tentang perceraian adalah sebagai cara menyelesaikan masalah? Apakah menurut Anda perceraian merupakan cara paling cepat untuk menyelesaikan masalah? 

Menurut Finn, kalau masalahnya terletak dalam diri Anda dan pasangan, bukan menyangkut anak atau hal lainnya dalam pernikahan, masih ada harapan untuk pernikahan. Butuh upaya dari kedua belah pihak untuk mencari sumber masalah dan solusinya bersama demi menyelamatkan pernikahan. Perceraian bukanlah solusi dari masalah dalam pernikahan karena belum tentu perceraian akan membuat Anda terbebas dari masalah apalagi merasa lebih bahagia dibandingkan saat menikah.

* Apakah fantasi perceraian terkait dengan kebutuhan dasar yang tak terpenuhi dalam pernikahan? Kalau ini yang terjadi, Finn menyarankan, sudah waktunya bagi pasangan menikah untuk berkonsultasi pada ahli. Dengan berdiskusi bersama pakarnya, pasangan menikah bisa mencari tahu apa yang terbaik untuk pernikahan. Apakah pernikahan bisa diselamatkan atau tidak, dan bagaimana Anda dan pasangan bisa memenuhi kebutuhan dasar dalam pernikahan.
Labels: Tips Trik

Thanks for reading Pasangan Menikah Membayangkan Perceraian, Apa Artinya?. Please share...!

0 Comment for "Pasangan Menikah Membayangkan Perceraian, Apa Artinya?"

Back To Top