Model “Pernikahan Nasional’ Banyak Dipilih karena Jadi Jalan Tengah

0 comments




Konsep pesta pernikahan bisa beragam, apalagi dengan kekayaan tradisi dan budaya Indonesia yang memberikan banyak pilihan tata carapernikahan sarat makna. Meski begitu, rupanya telah terjadi pergeseran dalam pemilihan model pernikahan, utamanya di Jakarta.

Model pernikahan nasional kian diminati pasangan pengantin di kota besar seperti Jakarta karena dianggap sebagai "jalan tengah".

"Jakarta kota megapolitan, banyak terjadi perpaduan budaya pada masyarakatnya termasuk pasangan yang hendak menikah. Budaya dalam satu keluarga lebih berwarna. Perpaduan budaya saat menikah pun kemudian terjadi," kata Arief Rachman, Marketing Director Parakrama Organizer, usai pembukaan Gebyar Pernikahan Indonesia di Balai Kartini Jakarta, Jumat (18/4/2014).

Model pernikahan nasional kemudian menjadi "jalan tengah" bagi keluarga masing-masing calon pengantin. Pestapernikahan yang memadukan dua budaya atau lebih menjadi pilihan, tanpa meninggalkan negosiasi di dalamnya.

"Biasanya yang terjadi adalah kombinasi budaya, misal pakai adat saat akad nikah atau pemberkatan, resepsi pakai modelpernikahan nasional," kata Arief yang juga berpengalaman sebagai wedding organizer.

Model pernikahan nasional bisa terlihat dari pemilihan kebaya yang cenderung lebih modern atau kebaya modifikasi. Selain pemilihan dekorasi bahkan juga menu katering, yang memadukan berbagai unsur budaya. Pada akhirnya, konsep yang menonjol kuat adalah budaya nusantara bukan menekankan pada satu tradisi tertentu.


Topik Sama

0 comments:

Post a Comment

 
Weddingmu.com - Tips Pernikahan © 2011-2016 InnOnet. All Rights Reserved.