Hormon Cinta Anda Bernama Feromon

Pernahkah anda mendengar tentang feromon? Hormon satu ini diklaim sebagai zat yang menarik lawan jenis. Tetapi apa sebenarnya hormon ini? Benarkah zat ini yang berperan dalam percikan cinta yang timbul? 

Hormon Cinta Anda Bernama Feromon

Feromon yang berasal dari bahasa yunani pherein (membawa) dan hormone (mengeluarkan) adalah substansi biologi yang dikeluarkan oleh setiap individual yang menghasilkan perubahan perilaku seksual dan sosial dari individu lain yang sejenis. 

Pada manusia, feromon berupa bau yang ditangkap oleh jacobson organ (Vomeronasal Organ/VNO) yang terletak di bagian keras dari septum nasal (batang hidung) untuk kemudian dihantar ke otak dan menimbulkan reaksi pada individu yang menerima. Feromon tidak hanya tercium oleh lawan jenis saja, tetapi juga dapat tercium antara jenis kelamin yang sama. 

#1 Bagaimana hormon ini terbentuk ? Feromon dihasilkan terutama oleh kelenjar apokrin (salah satu jenis kelenjar keringat) dan kelenjar lainnya. Feromon terbentuk dari interaksi antara flora yang tinggal di area kelenjar tersebut dan substansi feromon sehingga terbentuk bau yang khas untuk tiap individual. Kelenjar apokrin ini terdapat di area ketiak, kelamin, mulut, kaki dan seluruh kulit. 

#2 Apakah sama dengan bau badan ? Tidak, feromon tidak sama dengan bau badan. Feromon adalah substansi tak berbau yang merupakan bau alami dari seseorang. Sedangkan bau badan timbul karena produksi keringat yang berlebihan yang kemudian diubah oleh bakteri menjadi berbau tidak nyaman.
Labels: Lifestyle

Thanks for reading Hormon Cinta Anda Bernama Feromon. Please share...!

0 Comment for "Hormon Cinta Anda Bernama Feromon"

Back To Top