Apakah Anda Terserang Insomnia Jelang Pernikahan?

0 comments



Pernikahan tentu merupakan momen sakral yang sangat dinanti-nanti oleh sepasang kekasih. Apalagi jika keduanya telah memasuki usia yang cukup, kedua keluarga dari keduanya pun telah setuju dan tabungan pun telah terkumpul untuk menikah. Rasanya sudah tak ingin menunda nunda lagi untuk meresmikan hubungan dua sejoli tersebut dalam ikatan yang lebih serius sebagai suami dan istri.

Anda tentu telah mengetahui apa itu insomnia. Insomnia adalah suatu penyakit dimana penderitanya kesulitan untuk bisa tidur, atau untuk bisa tidur nyenyak dalam waktu yang lama sesuai dengan yang ia kehendaki.

Insomnia juga bisa berarti ketidakmampuan penderitanya dalam mencukupi kebutuhan istirahat atau tidur yang berkualitas, yaitu kurang lebih 8 jam per hari untuk orang dewasa.


Penyakit insomnia atau susah tidur ini bisa menyerang siapa saja, tak peduli berapa usia orang tersebut, namun lebih sering menjangkit orang yang telah lanjut usia. Insomnia bisa dibagi menjadi dua yaitu insomnia jangka pendek dan insomnia jangka panjang.

Penyakit ini dapat mengakibatkan munculnya masalah masalah terutama yang berkaitan erat dengan ingatan, kecenderungan untuk merasa kesal, depresi, dan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung serta resiko mengalami kecelakaan dalam berlalu lintas. Susah tidur dapat diakibatkan dari adanya masalah kesehatan atau medis, masalah kejiwaan, atau masalah lingkungan sekitar.

Lalu, apa hubungannya insomnia dengan momen pernikahan? Tentu ada, karena tidak jarang ada calon mempelai baik mempelai pria maupun mempelai perempuan yang mengalami insomnia atau susah tidur ketika menjelang upacara pernikahannya.

Penyebab insomnia sendiri beragam. Di bawah ini beberapa hal yang dapat menjadi penyebab utama susah tidur, terutama yang berkaitan dengan momen menjelang hari pernikahan:

- Timbul kecemasan. Karena akan menikah, tentu pasti harap harap cemas menunggu hari penting di esok hari.

- Stress dan depresi karena pekerjaan. Menjelang menikah bukan berarti Anda bisa lepas dari tekanan. Justru cenderung bertambah, bisa karena terlalu senang atau nervous.

- Lingkungan sekitar yang tidak mendukung. Biasanya sebelum upacara pernikahan pasti rumah telah ramai oleh acara dimana orang orang sengaja begadang, menyetel music keras keras dan bersuka cita bersama.

- Pola hidup yang kurang atau tidak sehat. Bisa jadi sejak sebelum berencana pun sudah mengalami susah tidur karena kebiasaan begadang menyebabkan pola hidup yang tidak sehat.

- Terlalu banyak mengkonsumsi obat obatan dan makanan serta minuman yang mengandung kafein.

Dalam menyambut upacara yang sangat spesial seperti upacara pernikahan, tentu semua orang ingin tampil sempurna di hadapan para tamu undangan. Oleh karena itulah, sangat penting terutama bagi kedua pengantin untuk mendapatkan tidur dan waktu istirahat yang cukup, sehingga ketika tiba waktunya untuk melangsungkan serangkaian kegiatan dalam upacara pernikahannya, kedua mempelai bisa tampil fresh.

Sebagai perempuan, Anda tentu selalu ingin tampil sempurna dan terlihat cantik di setiap waktu, terutama ketika hari bahagia Anda ada di depan mata.

Tentu Anda pun tak ingin terlihat lelah dan mengalami bad mood karena kurang tidur bukan? Berikut beberapa cara untuk mengatasi insomnia:

1. Mengkonsumsi protein seperti keju dan susu sebelum pergi tidur.

2. Matikan lampu, jauhkan gadget anda, berbaringlah dan jangan melakukan aktivitas apapun.

3. Memakai jasa hypnotherapy.

4. Menenangkan pikiran.

Tidur yang cukup bisa membangkitkan semangat dalam memulai hari, terutama jika dalam momen penting dalam hidup seperti pernikahan. Jangan sampai insomnia mengganggu acara penting Anda ini. (perempuan.com)


Topik Sama

0 comments:

Post a Comment

 
Weddingmu.com - Tips Pernikahan © 2011-2016 InnOnet. All Rights Reserved.