Kunci Pernikahan yang Bahagia: Istri Bahagia

0 comments




Penelitian mengungkapkan, istri menjadi kunci pernikahan bahagia dan bertahan lama. Kalau istri bahagia, maka pernikahan akan baik-baik saja.

Mengutip nydaily, Sabtu (9/11/2013), penelitian tim dari Universitas California Berkeley menemukan, kemampuan seorang istri tetap tenang dan cepat menenangkan suasana setelah perdebatan dengan pasangan merupakan kunci kepuasan pernikahan.

"Ketika datang untuk mengelola emosi negatif selama konflik, istri benar-benar penting. Emosi seperti kemarahan dan penghinaan bisa tampak sangat mengancam untuk pasangan, tapi penelitian kami menunjukkan bahwa jika pasangan, terutama istri mampu menenangkan diri, perkawinan mereka dapat terus berkemban," kata psikolog Lian Bloch, penulis utama studi tersebut.

Bloch dan timnya menganalisa rekaman video dari 80 pasangan pada 1950-an dan 1960-an yang telah direkam secara berkala selama 13 tahun. Ini merupakan bagian dari studi jangka panjang mereka.

Dalam video, pasangan membahas subjek konflik, sementara para ilmuwan mengukur dan merekam ekspresi wajah, gerak tubuh dan tanggapan emosional dan fisiologis, seperti tekanan darah dan berkeringat. Ini cara untuk mengidentifikasi titik saat masing-masing dari mereka yang paling marah dan berapa lama yang dibutuhkan untuk masing-masing menenangkan diri.

Setelah lebih dari 10 tahun kemudian, pasangan diminta menilai bagaiamana kepuasan mereka atas hubungan mereka. Temuan menunjukkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk saling marah berkorelasi dengan kebahagiaan jangka panjang. Yaitu ketika istri yang cenderung lebih tenang dengan cepat , pasangan cenderung lebih bahagia.

"Ketika istri mendiskusikan masalah dan menyarankan solusi, membantu pasangan mengatasi konflik. Ironisnya , ini mungkin tidak bekerja dengan baik untuk suami, istri yang sering mengkritik untuk melompat ke modus pemecahan masalah terlalu cepat," kata psikolog Robert Levenson dari UC Berkeley, penulis senior studi tersebut.


Topik Sama

0 comments:

Post a Comment

 
Weddingmu.com - Tips Pernikahan © 2011-2016 InnOnet. All Rights Reserved.