3 Cara uang menyebabkan perceraian

0 comments




Pernikahan yang berantakan masalah uang tentu bukan masalah klise. Tak sedikit pasangan yang bertengkar mengenai bagaimana mereka harus mengalokasikan uang dan pendapatan. Jika hal ini tak bisa diselesaikan dengan baik-baik, bukan tak mungkin uang bisa menyebabkan perceraian.
Berikut adalah tiga hal yang bisa membuat uang menjadi penyebab hancurnya rumah tangga.
1. Pasangan enggan membahas tentang uang
Kebanyakan pasangan merasa lebih baik tak membicarakan tentang uang daripada harus bertengkar. Ini merupakan keputusan yang salah, karena permasalahan uang bisa menjadi seperti bom waktu yang akan meledak kapan saja meski disembunyikan. Misalkan ketika salah satu pasangan termasuk royal pada keluarga dan pasangan, sementara yang lain merasa harus menghitung setiap pengeluaran dengan hati-hati. Sebaiknya hal ini dibicarakan dengan baik-baik dan jelas, agar kedua pihak tak saling menyimpan rasa kesal karena perbedaan yang ada.
2. Prioritas keuangan yang berbeda
Dalam rumah tangga, prioritas dan tujuan dalam hal keuangan tentu harus selaras. Jika terdapat perbedaan, maka pertengkaran bisa tak terelakkan. perbedaan prioritas bukan berarti pandangan salah satu pasangan benar dan yang lainnya salah. Ini hanya masalah kurangnya komunikasi antar pasangan mengenai masalah keuangan. Lebih baik rundingkan dan buat kesepakatan apa yang akan menjadi prioritas dan tujuan keuangan pasangan. Mungkin prioritas jangka panjang adalah untuk membeli rumah, pendidikan anak, atau investasi lainnya? Putuskan bersama pasangan, kemudian jalankan bersama-sama.
3. Melihat uang sebagai bentuk harga diri
Masyarakat kita secara tak langsung mengajarkan bahwa kebahagiaan ada pada uang. Hal ini secara tak langsung menanamkan pemikiran bahwa harga diri seseorang ada dalam uang yang dimilikinya. Untuk itu, terkadang masalah keuangan bisa menyebabkan perceraian ketika pasangan mulai merasa tak dihargai berkaitan dengan uang. Untuk mencegah pertengkaran karena hal ini sebaiknya pasangan membangun hubungan yang solid dan erat sebelum melangkah ke jenang rumah tangga. Mereka juga harus membuat komitmen mengenai keuangan. Akan lebih baik jika pasangan telah membuat kesepakatan di awal, serta memberi kejelasan bahwa masalah uang tak berkaitan dengan harga diri atau rasa cinta mereka.
Itulah beberapa alasan uang bisa menghancurkan pernikahan banyak pasangan. Sebaiknya pasangan telah menyiapkan diri dan bersatu dalam menghadapi masalah keuangan rumah tangga.



Topik Sama

0 comments:

Post a Comment

 
Weddingmu.com - Tips Pernikahan © 2011-2016 InnOnet. All Rights Reserved.