Sibi Mela, Festival Pernikahan Gadis Pushtun


Ada festival seru di Pakistan, Sibi Mela namanya. Inilah festival dimana warga memamerkan kuda dan hewan ternak-ternak mereka dan wisatawan yang beruntung bisa melihat pernikahan gadis-gadis Pushtun yang terkenal kecantikannya.

Sibi Mela adalah festival yang sudah berlangsung ratusan tahun di Sibi, wilayah Balochistan, 160 km dari lembah Quetta. Pemprov Balochistan menggelar Festival Sibi Mela pada 21-25 Februari 2013 lalu.

Musim dingin dan musim semi membuat orang-orang berdatangan ke Sibi yang lebih hangat. Karena ramai, digelarlah pasar musiman yang lama kelamaan menjadi festival.

Di dalam festival Sibi Mela, orang-orang dari berbagai suku membawa hewan ternak dari berbagai pelosok wilayah Balochistan. Digelarlah pasar hewan, kompetisi hewan, pameran ternak, pertunjukan seni budaya, kompetisi olahraga, pameran bunga, kendaraan hias, tari tradisional, kembang api. Wah, pokoknya seru sekali!

Wisatawan bisa berpuas-puas hati menikmati eksotisme budaya di Negeri Pushtun ini. Silakan ikut bersuka ria bersama mereka, menari, melihat hewan ternak dan mencicipi aneka kuliner lezat. Yummy! Ada sirkus juga, lho!

Nah, Sibi Mela juga menjadi momen yang dimanfaatkan etnis setempat untuk menggelar pernikahan. Selama minggu penyelenggaraan Sibi Mela, banyak keluarga-keluarga Pushtun yang menikahkan anak-anak perempuan mereka.

Jangan heran jika ketika berada di Sibi pada saat festival, wisatawan bisa melihat keramaian keluarga-keluarga yang menikahkan anak gadis mereka. Coba saja bersikap ramah dan berkenalan, siapa tahu Anda bisa ikut diundang dalam meriahnya pesta pernikahan Pushtun.

Namun, hormati budaya mereka ya. Jangan sembarangan memfoto gadis-gadis Pushtun yang cantik jelita. Adat istiadat setempat cukup tegas melarang foto tanpa seizin pihak keluarga. Mereka biasanya khawatir fotonya disebarluaskan.

Kalau memang demikian, ya tidak apa-apa. Kagumi saja kecantikan gadis-gadis Pushtun ini dengan pandangan mata, dan biarkan jadi kenangan indah saat traveling di Pakistan.





Labels: Budaya, Lifestyle

Thanks for reading Sibi Mela, Festival Pernikahan Gadis Pushtun. Please share...!

0 Comment for "Sibi Mela, Festival Pernikahan Gadis Pushtun"

Back To Top