Cara Benar Membersihkan Lensa Kamera

Benar tidak kalau saya katakan lensa merupakan jendela bagi seorang fotografer. Body camera hanyalah tempat merubah gambar agar dapat dilihat oleh mata, namun sejatinya lensa merupakan mata dari kamera itu sendiri. Lensa merupakan bagian yang paling bertanggungjawab menangkap bias cahaya dari suatu bentuk yang nantinya akan diterjemahkan dalam body kamera. Bagaimana lensa menangkap cahaya, itulah yang akan kita lihat pada akhirnya.

Oleh karena itu, sebuah lensa bagaimanapun bentuknya dan berapapun harganya, akan bekerja baik hanya bila dalam keadaan bersih, jernih layaknya sepasang mata kita. Sayangnya, lensa tidak seperti mata yang memiliki kelopak dan cairan pembersih sendiri, yang mampu selalu membersihkan mata kita dari segala kotoran yang menempel agar kita tetap dapat melihat dengan jelas. Faktanya, mata kita yang buatan Tuhan pun perlu dibersihkan bahkan hampir setiap 4 detik sekali, apalagi lensa yang cuman buatan Jepang.

Sebuah lensa yang kotor atau berdebu akan membuat kamera sulit “melihat” dan menterjemahkan gambar dengan benar, kualitas gambar yang dihasilkan akan buruk. Dan seperti sifat optik lainnya, membersihkan lensa kamera memerlukan beberapa perawatan khusus, untuk menghindari goresan dan kerusakan lainnya pada lensa kamera. Kali ini, saya akan berbagi tips dengan Anda bagaimana membersihkan lensa dengan benar dan aman.

Cara Benar Membersihkan Lensa Kamera
Menggunakan brush yang lembut

Pertama, jika Anda telah menggunakan lensa di lingkungan yang berdebu, hal yang pertama perlu dilakukan adalah menghapus debu dari lensa menggunakan sikat yang halus. Namun berhati-hatilah, menyeka lensa dengan debu yang masih menempel pada lensa dapat menyebabkan goresan. Sikatlah dengan lembut dari tengah lensa menuju ke tepi. Kemudian usir debu dari tepi dengan memegang kamera terbalik (kaca lensa menunjuk ke tanah), sehingga debu jatuh ke tanah saat dibersihkan. Hal penting yang harus diingat, pastikan untuk menggunakan sikat dengan bulu lembut.

Kemudian, dalam banyak kebiasaan kita sering menggunakan hembusan udara dari bulb untuk membersihkan debu dari lensa, namun kadang-kadang hal tersebut malah dapat mendorong partikel debu ke permukaan lensa. Sebaiknya gunakan kuas atau meniup menggunakan bulb kecil dengan lembut.
Cara Benar Membersihkan Lensa Kamera
Bulb kecil, hembuskan dengan lembut

Setelah menghapus debu, gunakan kain microfiber untuk pembersihan lanjutan. Microfiber merupakan kain lembut yang dibuat khusus untuk membersihkan permukaan kaca di lensa kamera. Sangat baik untuk menghilangkan noda, dengan atau tanpa cairan pembersih lensa, dan kain microfiber dapat membersihkan bagian lain dari kamera. Mulai menyeka dari tengah lensa, menggunakan gerakan melingkar bergerak ke arah tepi lensa. Lakukan menyeka dengan lembut.

Jika Anda tidak dapat membersihkan lensa secara memadai dengan menggunakan kuas dan kain microfiber, coba gunakan beberapa tetes cairan pembersih lensa, yang banyak tersedia dari toko kamera. Namun harus diingat, selalu menempatkan cairan pada kain, bukan langsung pada lensa. Cairan yang berlebihan bisa merusak lensa, jadi mulailah dengan beberapa tetes dan meningkatkan jumlah cairan hanya jika diperlukan.

Cara Benar Membersihkan Lensa Kamera
Menggunakan microfiber

Dalam keadaan darurat, kita dapat menggunakan air untuk meredam selembar kertas tisu untuk membersihkan lensa. Hindari menggunakan kain kasar seperti bahan jenis t-shirt, atau tisu untuk membersihkan lensa, dan jangan gunakan lotion yang beraroma, karena hal tersebut dapat meleber pada permukaan lensa.
Labels: Camera, Seputar Fotografi, Tips Trik

Thanks for reading Cara Benar Membersihkan Lensa Kamera. Please share...!

0 Comment for "Cara Benar Membersihkan Lensa Kamera"

Back To Top