Berkali-kali Batal Nikah, Anda Butuh Bantuan Psikolog

0 comments



img

Batal menikah satu kali, rasa sedih dan kecewa pasti akan timbul. Kegagalan menikah yang kedua, mungkin bisa menimbulkan stres dan kecewa yang lebih mendalam. Tapi jika sampai berkali-kali gagal menuju pelaminan? Dampak psikologisnya bisa serius.

"Orang yang berkali-kali gagal nikah kepercayaan dan rasa menghargai diri sendiri akan drop. Makin lama makin rendah," kata Psikolog Ratih Ibrahim saat ditemui di kantor Personal Growth, di Rukan Aries Niaga, Jl. Taman Aries, Kembangan, Jakarta Barat, Senin (7/5/2012).

Pada orang yang mengalami kejadian berulang kali batal menikah, Ratih menyarankan untuk mengikuti konseling ke psikolog klinis. Untuk kasus yang lebih serius, bisa juga ke psikiater.

"Yang jadi pertanyaan Saya, kenapa lo bisa gagal? Nggak belajar dari yang kemarin? Kalau sampai lebih dari tiga kali, berarti ada pola yang patologis (abnormal) di orang ini, ada sesuatu yang rusak," ujar Ratih.

Kegagalan yang berulang, bisa terjadi karena orang tersebut punya kecenderungan berhubungan dengan tipe orang yang sebenarnya tidak cocok untuknya. Psikolog yang kerap menjadi pembicara dalam berbagai seminar dan konseling keluarga ini menuturkan, setiap orang memiliki tipe orang yang dia sukai. Tapi yang jadi masalah, ketika kepribadian orang tersebut tidak sesuai dengan sifat pribadinya sehingga selalu timbul cekcok dan perdebatan.

"Kamu pasti punya tipe cowok/cewek yang disukai, walaupun beda fisik tapi style-nya mirip. Nah, itu salah satu contoh pola pada seseorang," ujar Ratih mencontohkan.

Oleh karena itu bila seseorang sampai gagal menikah berkali-kali, kemungkinan memang ada sesuatu yang harus dikoreksi. Untuk mengatasinya diperlukan bantuan terapi dan serangkaian konseling.

Ratih menambahkan, "Kita (psikolog atau psikiater) akan perbaiki pola dia berelasi (berhubungan dengan orang lain). Mengoreksi mindset, termasuk sebetulnya tujuan dia hidup apa? Untuk menikah atau sesuatu yang lain?"


Topik Sama

0 comments:

Post a Comment

 
Weddingmu.com - Tips Pernikahan © 2011-2016 InnOnet. All Rights Reserved.