Mau Pernikahan Langgeng? Ucapkan Terimakasih Pada Pasangan!

0 comments



Seberapa sering Anda mengucapkan terimakasih pada pasangan? Ucapan 'terimakasih' memang sebuah kata yang sederhana. Sayangnya cukup banyak suami atau istri yang lupa mengatakannya.

Mau Pernikahan Langgeng? Ucapkan Terimakasih Pada Pasangan!

Bukan hanya lupa saja yang membuat pasangan tidak mengucapkan kata 'terimakasih' pada suami atau istrinya. Ada juga orang yang menganggap perkataan tersebut tidak penting dan merasa pasangannya sudah tahu kalau mereka berterimakasih tanpa perlu mengucapkannya.

Sayangnya, tidak semua orang bisa membaca pikiran. Penelitian menunjukkan, mengungkapkan perasaan berterimakasih atau bersyukur bisa membuat pernikahan langgeng dan kunci pasangan yang hidup bahagia.

Cameron L. Gordon , Robyn A.M. Arnette dan Rachel E. Smith dari University of North Carolina telah membuktikan bahwa satu kata terimakasih dapat membuat pernikahan awet. Seperti dikutip dari Sciencedirect, penelitian tersebut mereka tulis dalam laporan berjudul 'Have you thanked your spouse today?: Felt and expressed gratitude among married couples'.

Dalam penelitian tersebut, Cameron, Robyn dan Rachel meneliti 50 pasangan suami-istri dengan usia pernikahan 20 tahunan. Pasangan yang menjadi responden penelitian diminta menulis diary setiap harinya dan melaporkan bagaimana mereka mengekspresikan rasa terimakasih dan memberi skor pada tingkat kepuasan pada pernikahan, selama dua minggu.

Setelah diteliti, peneliti menemukan bahwa perasaan dan ekspresi terimakasih pasangan dalam sebuah hubungan berhubungan dengan kepuasan pada pernikahan. Jadi bukan hanya diucapkan saja, bagaimana pasangan tersebut menunjukkan rasa terimakasih mereka juga menentukan kelanggengan sebuah pernikahan.

Dalam penelitian Cameron dan kawank-kawan itu terlihat, perasaan seseorang pada bentuk terimakasih pasangannya berhubungan dengan kepuasaan mereka pada pernikahan. Sementara ekspresi atau ucapan terimakasih tidak terlalu berpengaruh. Sehingga menurut peneliti, untuk membuat sebuah pernikahan langgeng, bukan hanya mengucapkan terimakasih saja yang penting, tapi bagaimana agar pasangan merasakan ketulusan ucapan tersebut.

Psikolog Leslie Becker-Phelps di situs WebMD mengatakan, dengan adanya penelitian Cameron tersebut, bukan berarti juga Anda jadi selalu mengucapkan terimakasih pada apapun yang pasangan lakukan. Ia menyarankan, seringlah menunjukkan rasa terimakasih itu dengan beberapa tindakan seperti memeluk, mencium, tersenyum atau pernyataan yang menunjukkan apresiasi Anda.

Sementara itu dalam jurnal Emotion, dikatakan dengan mengekspresikan rasa terimakasih dapat membuat hubungan Anda dan pasangan semakin baik karena dengan cara itu pasangan pun semakin melihat Anda dengan positif. Bagaimana caranya mengekspresikan rasa terimakasih tersebut?

- Buka pikiran Anda dan pikirkan apa saja yang membuat Anda merasa berterimakasih dengan kehadiran si dia.
- Ekspresikan rasa terimakasih itu dengan melakukan sesuatu di luar yang selama ini biasa Anda lakukan, entah itu dengan perkataan atau tulisan.
- Lakukan hal-hal simple dan sederhana untuk mengekspresikan rasa terimakasih Anda. Caranya bisa dengan memasak makanan kesukaannya atau memberinya pijatan.


Topik Sama

0 comments:

Post a Comment

 
Weddingmu.com - Tips Pernikahan © 2011-2016 InnOnet. All Rights Reserved.