Ini Dia Urut-urutan Prosesi Pernikahan Ibas-Aliya

0 comments



Putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono akan melepas masa lajangnya dengan menikahi putri Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Siti Ruby Aliya Rajasa. Ini dia urut-urutan prosesi pernikahan Ibas-Aliya.

Pernikahan Ibas-Aliya

"Soal pernikahan akan saya sampaikan. Ada tiga hal utama yang penting dalam proses dari acara pernikahan sampai resepsi," ujar Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha usai rapat terbatas tentang alutsista di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (10/11/2011).

Berikut urutan acara yang dijelaskan oleh Julian:

Selasa, 22 November 2011


Pukul 10.00 WIB

Pengajian di kediaman kedua calon pengantin, yaitu di rumah SBY di Puri Cikeas dan di rumah Hatta Rajasa, Executive Golf, Jalan Fatmawati, Jaksel. Setelah pengajian, dilanjutkan pemasangan bleketepe (anyaman daun kelapa di gerbang pintu masuk-red), yang dilanjutkan dengan acara siraman.

Pukul 19.00 WIB-21.00 WIB

Midodareni, di mana keluarga dari pengantin pria datang ke rumah calon pengantin perempuan.

"Kemudian masih ada acara intern dalam kebudayaan masyarakat pesisir Sungai Komering (Palembang). Ada acara yang disebut dengan acara berpacar atau acara dimana bujang dan gadis yang akan menikah biasanya melakukan pertemuan dengan teman-teman atau rekan-rekan sekolah dan sebagainya, untuk kemudian yah, semacam pesta perpisahan lah," jelas Julian.

Julian tidak menjelaskan apakah ada acara khusus pada Rabu, 23 November 2011. Namun kemungkinan kedua keluarga SBY dan Hatta menuju ke Istana Cipanas, Cianjur untuk persiapan akad nikah.

Kamis, 24 November 2011 pukul 10.00 WIB

Ibas dan Aliya melakukan akad nikah di Istana Cipanas. "Di dalamnya tentu seperti kita ketahui ada ijab kabul dan sebagainya," imbuh Julian.

Julian pun tidak memberi penjelasan mengenai acara pada Jumat, 24 November 2011. Kemungkinan keluarga SBY-Hatta kembali ke Jakarta untuk persiapan resepsi.

Sabtu, 26 November 2011 pukul 19.00 WIB

SBY dan Hatta menggelar resepsi pernikahan Ibas-Aliya di gedung Jakarta Convention Center.

Akan memakai adat apa kedua mempelai? "Palembang di akad nikah dan saat resepsi cenderung memakai budaya atau adat Jawa. Tapi tetap ada kesenian dari Sumatera Selatan ditampilkan," jawab Julian.


Topik Sama

0 comments:

Post a Comment

 
Weddingmu.com - Tips Pernikahan © 2011-2016 InnOnet. All Rights Reserved.